“Pantai Nampu” Surga Tersembunyi

Nampu, Pantai Cantik di Pesisir Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri

Dulu saat demen-demennya nonton serial Korea Full House, saya suka iri sama Han Ji-Eun. Tapi, bukan karena di akhir cerita dia jadian sama Lee Young-Jae yang diperankan Rain. Rumahnya itu lho yang bikin mupeng. Desainnya indah dengan pintu dan jendela kaca super besar yang membuat penghuninya dimanjakan pemandangan indah di luar rumah. Yang membuat rumah itu tambah spesial adalah lokasinya yang terletak di pinggir pantai. Jadi, si Ji-Eun tak perlu jauh-jauh jika ingin berjalan-jalan atau sekadar bengong di pinggir pantai. Bikin iri!

Saya memang bukan beach lover atau anak pantai sejati. Tapi kadang tiba-tiba pengin melipir ke pantai. Cuma mau duduk-duduk santai atau minum es kelapa muda sambil memandang horison, kalau beruntung ya dapat sunset yang syahdu. Repotnya di di Soloraya tak banyak alternatif pantai yang bisa didatangi. Pantai terdekat ya Parangtritis di Yogyakarta. Yang banyak jelas di Gunung Kidul. Ada puluhan pantai di pesisir selatan, tinggal pilih mana yang paling cocok.

Kalau benar-benar nyari pantai di Soloraya, pilihannya hanya di Wonogiri. Jangan khawatir, pantainya tak kalah keren dengan deretan pantai di Gunung Kidul. Namanya Pantai Nampu. Karakteristiknya mirip dengan pantai-pantai di Gunung Kidul, ombaknya agak besar dan berpasir putih!

Pantai Nampu Wonogiri

Saya sudah tiga kali mengunjungi pantai dan Alhamdulillah belum bosan. Pantai Nampu ini berada di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Waktu tempuh dari Wonogiri kota ke Pantai Nampu sekitar dua jam dengan mengendarai mobil atau sepeda motor. Jaraknya sekitar 70 kilometer. Berarti kalau start dari Kota Solo perjalanannya sekitar 3,5 jam.

Jalan menuju ke pantai ini sudah lumayan mulus. Pemandangan di kanan kiri jalan juga menyenangkan, berhias deretan perbukitan hijau. Jika berkunjung pada musim kemarau, kita juga bisa menikmati pepohonan yang meranggas karena kekurangan air. Ya, kekeringan memang akrab dengan Wonogiri setiap musim kemarau datang.

Berbeda dengan pantai-pantai dui Gunung Kidul yang sudah nge-hits, Pantai Nampu relatif masih cukup sepi dan bersih. Memang saat terakhir berkunjung tahun lalu, pengunjungnya sudah lumayan banyak karena bertepatan dengan akhir pekan. Namun, jika berkunjung pada hari biasa, kita serasa berada di pantai pribadi. Tak banyak pengunjung yang datang. Sangat nyaman.

Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu WonogiriNampu memiliki garis pantai yang panjang. Cukup nyaman untuk sekadar bermain air atau berenang. Jika ingin berenang sebaiknya selalu berhati-hati. Ombak laut pantai selatan dikenal cukup ganas dan sulit ditebak. Kalau ombaknya sedang besar, lebih aman jangan berenang. Duduk-duduk di pasir putih sambil memandangi ombak yang beradu dengan karang-karang putih yang ada di sana sudah cukup menyenangkan kok. Apalagi Pantai Nampu juga dikelilingi perbukitan yang hijau.

Walaupun pantainya masih relatif sepi, tak perlu cemas bakal sulit menemukan warung untuk mengisi perut. Ada sejumlah warung yang berjualan berbagai makanan ringan termasuk mi dan es kelapa muda. Tak semua warung buka setiap hari. Saat berkunjung ke sana pas weekdays, beberapa warung tutup. Kalau weekend, biasanya buka semua. Jadi tak perlu khawatir kelaparan. Tertarik datang ke Nampu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s